Jumat, 28 Oktober 2011

Laporan Pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Mutu Sekolah


BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Sejalan dengan perkembangan peradaban dan kemajuan ilmu pengeta-huan dan teknologi, maka paradigma pendidikan juga mengalami pergeseran, khususnya mengenai eksistensi guru di dalam interaksi belajar mengajar. Pada masa awal di mana teknologi belum berkembang, kedudukan guru sangat vital, karena belum banyak informasi atau sumber belajar lain yang dapat dimanfaatkan oleh siswa. Guru menjadi satu-satu-nya sumber informasi/ilmu.
Dewasa ini dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersedia sangat melimpah. Setiap peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang terkait dengan materi pembelajaran di sekolah dari berbnagai media yang ada dengan sangat mudah. Posisi guru pun dituntut untuk terus mengasah dan mengembangkan diri dan profesionalismenya dalam pembelajaran di kelas.
Pelaksanaan pembelajaran harus dikelola dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada evaluasi serta program perbaikaan dan pengayaan pembelajaran. Dengan pengelolaan yang baik pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang dilaksanakan guru. Pada akhirnya akan meningkatkan kualitas peserta didik sebagai produk pendidikan dalam menghadapi tantangan kehidupan diera globalisasi seperti sekarang ini.
Perkembangan informasi pendidikan dewasa ini sangat pesat dan selalu berubah dari waktu ke waktu sehingga guru harus mengikuti perkembangan pendidikan terkini. Selain itu, peraturan pendidikan dari pemerintah selalu berubah dan berkembang harus dapat diakses dan diup-date oleh guru dan sekolah sehingga dapat mengimplementasikan untuk kemajuan pendidikan di sekolah.
Berdasarkan data dan informasi yang di himpun bidang kurikulum dan pembelajaran SDN 005 Nunukan bahwa salah satu faktor penghambat peningkatan mutu pendidikan di SDN 005 Nunukan adalah kurangnya pelatihan guru dalam mengembangkan profesionalismenya. Sehingga, informasi dan perkembangan tehnologi pembelajaran terbaru tidak diketahui apalagi mau dilaksanakan.
Menyikapi hal tersebut, SDN 005 Nunukan merasa perlu untuk melaksanakan suatu kegiatan untuk menyatukan persepsi dan pemahaman tentang peningkatan mutu pembelajaran disekolah. Dalam pelatihan tersebut akan dibahas maslah pembelajaran di kelas yang menjadi tugas dan tanggung jawab gguru dalam pelaksanaan pembelajaran. Materi pelatihan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran serta peraturan pemerintah dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran disekolah/kelas.

B.     Maksud dan Tujuan
Pelatihan peningkatan mutu pembelajaran SDN 005 Nunukan  dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
1.      Meningkatan mutu SDM di sekolah pada semua lapisan, yaitu unsur guru, pimpinan dan staf tata usaha.
2.      Meningkatkan mutu pembelajaran secara berkelanjutan di  sekolah.
3.      Membangun sistem manajemen kinerja di sekolah dengan lebih baik dan terarah.
4.      Menyatukan persepsi seluruh stakeholder di SDN 005 Nunukan dalam memajukan mutu pendidikan di sekolah.
C. Dasar Pelaksanaan
        Adapun sebagai dasar pelaksanaan pada pelatihan peningkatan mutu pembelajaran SDN 005 Nunukan sebagai berikut:
1.  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pemdidikan Nasional
2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 37 Tahun 2010 tentang Petunjuk Tekhnis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2011.

D. Sasaran Kegiatan
Secara umum sasaran pelatihan peningkatan mutu pembelajaran SDN 005 Nunukan meliputi pelaksanaan pembelajaran di kelas sebagai sasaran primer, tenaga pendidik dan kependidikan, pengelola pendidikan sebagai sasaran sekunder. Sedangkan sasaran tertier adalah lembaga pendidikan. Sasaran lainnya adalah mutu pembelajaran sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan di SDN 005 Nunukan.
Secara khusus sasaran kegiatan ini adalah pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan SDN 005 Nunukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.






















BAB  II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    Nama Kegiatan
Adapun nama kegiatan yang dilaksanakan adalah: “Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran SDN 005 Nunukan Tahun Pembelajaran 2010/2011”.

B.     Pelaksana Kegiatan
Pelaksana kegiatan adalah Bidang Kurikulum dan Pembelajaran SDN 005 Nunukan, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah SDN 005 Nunukan Nomor: 452/114/SD.005/NNK/VII/2010 tanggal 20 Juli 2010 tentang Pembagian Tugas Guru Tahun Pembelajaran 2010/2011.

C.    Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu kegiatan hari Jum’at, 01 Juli 2011 – Sabtu, 02 Juli 2011 dan Kamis, 07 Juli 2011 – 09 Juli 2011 bertempat di SDN 005 Nunukan.

D.    Peserta Kegiatan dan Pemateri
Peserta kegiatan ini  adalah tenaga pendidik dan kependidikan SDN 005 Nunukan sebanyak 42 orang dengan rincian sebagai berikut:
-          Tenaga Pendidik               = 22 orang
-          Tenaga Kependidikan       =   2 orang
Sedangkan pemateri dalam kegiatan ini berasal tenaga pendidik di lingkungan SDN 005 Nunukan yaitu:

-          I Made Wirama,S.Pd
-          Milkias, S.Pd
-          Muhyiddin,S.Pd.I

E.     Sumber Dana
Dana kegiatan ini berasal dari:
a.       Anggaran SDN 005 Nunukan Tahun 2011
b.      Donatur yang bersifat tidak mengikat

F.     Jadwal Kegiatan
Adapun jadwal kegiatan sebagai berikut:
No
Hari / Tanggal
Waktu
Materi
Pembimbing
Ket
1
Jum’at, 01 Juli 2011
07.30 – 08.10
08.10 – 08.50

08.50 – 09.30
09.30 – 09.45
09.45 – 10.30
Pembukaan
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)
PAIKEM (lanjut……)
Istirahat
Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Panitia
I Made Wirama, S.Pd


Panitia
Muhyiddin, S.Pd.I

2
Sabtu, 02 Juli 2011
07.30 – 08.10
08.10 – 08.50
08.50 – 09.30
09.30 – 09.45
09.45 – 10.25
10.25 – 11.05
11.05 – 11.45
Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Penghitungan KKM
Penghitungan KKM
Istirahat
Diskusi Kelompok
Diskusi Kelompok
Penentuan KKM Mata Pelajaran
Muhyiddin, S.Pd.I

3
Kamis, 07 Juli 2011
07.30 – 08.10
08.10 – 08.50
08.50 – 09.30
09.30 – 09.45
09.45 – 10.25
10.25 – 11.05
11.05 – 11.45
Sosialisasi Permen 41 Tahun 2007
Pembelajaran Tematik
Penyusunan Silabus
Istirahat
Penyusunan Silabus
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Milkias, S.Pd.SD
I Made Wirama, S.Pd

4
Jum’at, 08 Juli 2011
07.30 – 08.10
08.10 – 08.50
08.50 – 09.30
09.30 – 09.45
09.45 – 10.25
Pembuatan Silabus dan RPP
Pembuatan Silabus dan RPP
Diskusi Kelompok
Istirahat
Diskusi Kelompok
Milkias, S.Pd.SD
I Made Wirama, S.Pd

5
Sabtu, 09 Juli 2011
07.30 – 08.10
08.10 – 08.50
08.50 – 09.30
09.30 – 09.45
09.45 – 10.25
10.25 – 11.05
Sosialisasi Permen Nomor 19 Tahun 2007
Organisasi Sekolah
Pembagian Tugas Tambahan Guru
Istirahat
Penentuan Program Kerja Bidang
Penutup
Milkias, S.Pd.SD
Muhyiddin, S.Pd.I

Panitia


G.    Hasil Kegiatan
Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan peningkatkan mutu pembelajaran SDN. 005 Nunukan, maka hasilnya adalah:
1.      meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan dalam merancang, melaksanan, dan meninilai pembelajaran.
2.      menciptakan SDM pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu mengelola pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam rangka pembentukkan manusia Indonesia yang berkualitas.
3.      meningkatkan peran serta pendidik dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan sekolah dalam melaksanakan standar nasional pendidikan.





BAB  III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pelatihan peningkatan mutu pembelajaran SDN 005 Nunukan tahun pembelajaran 2011/2012 adalah usaha dalam meningkatan mutu pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran serta pasca evaluasi (pembelajaran remedial dan pengayaan) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sebagai upaya menciptakan manusia yang berkualitas dalam menghadapi era globalisasi. Pelaksanaan kegiatan ini selama 6 hari (1-2 dan 7-9 Juli 2011)

B.     Saran-saran
Pelaksanaan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran SDN 005 Nunukan tahun pembelajaran 2011/2012 sebaiknya direncanakan lebih baik lagi, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Selain daripada itu dukungan dari semua pihak baik berupa pikiran, tenaga, sarana dan prasarana terutama bantuan dana dapat meningkat keberhasilan kegiatan ini. Sehingga  dukungan dari pihak pemerindah daerah, orang tua peserta didik dan komite sekolah serta masyarakat pada umumnya dalam kegiatan ini serta kegiatan sekolah lainnya dapat lebih ditingkatkan. Dengan demikian dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan di SDN 005 Nunukan khususnya dan pengembangan pendidikan di Kabupaten Nunukan umumnya.



1 komentar: